Home » , » Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan MataMata adalah salah satu organ vital dalam badaniah kita. Organ ini berfungsi untuk melihat dunia sekitar kita. Tanpa kehadiran organ yang satu ini, tentu sulit bagi kita untuk menggambarkan bagaimana rasanya . Nah, langsung saja ya, di bawah ini ada Tips untuk menjaga kesehatan mata kita. Meskipun terbilang tips yang sederhana, namun mudah-mudahan dapat membantu pola penjagaan kesehatan mata kita dalam keseharian kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata:

  • Periksalah mata anda secara berkala. Hal ini baik untuk mencegah sekaligus mengobati masalah mata yang sudah ada. Dan apabila Anda menggunakan kontak lens, pastikan agar benar-benar bersih.
  • Makan diet seimbang buah-buahan dan sayuran segar. Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3. Cobalah konsumsi secangkir brokoli karena ini juga baik untuk mata.
  • Merawat kesehatan Anda dan sistem kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan, karena hal ini dapat membuat mata Anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata. Jika Anda memiliki diabetes, disarankan secara teratur check-up, karena jika diabaikan ini dapat mempengaruhi mata. Cobalah untuk juga menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat normal.
  • Lindungi mata dengan kacamata hitam atau sekurang-kurangnya 95% terlindung dari UV (ultra violet). Pilihlah jenis kacamata dengan frame yang bagus untuk memastikan perlindungan penuh. Memakai topi, topi dan menggunakan payung untuk agar mata lebih teduh dan terlindungi dari panas. Gunakan kacamata pelindung ketika dalam berolahraga berat ataupun ketika kita bekerja dengan alat dan mesin berat.
  • Pastikan untuk selalu memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh mata Anda. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Disarankan juga, cobalah menghindari terlalu banyak menggosok mata. Gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.
  • Ingatlah ketika membaca harus memiliki pencahayaan yang baik. Dalam menonton TV, menggunakan layar anti-silau. Melakukan hal yang sama ketika menggunakan komputer. Dalam menggunakan computer dapat menyertakan screen pelindung. Luangkan waktu sebentar untuk relaksasi dari pandangan computer.
  • Melakukan senam mata sederhana seperti mata berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata Anda selama sekitar 5 menit untuk menjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Punya waktu untuk istirahat mata sebanyak mungkin akan sangat baik. Melihat sesuatu hijau sangat baik untuk mata.
  • Setelah terasa istirahat sudah cukup, mencuci mata dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata. Gunakan tetes mata jika di perlukan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Demikianlah Tips sederhana yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan mata kita ini. Semoga bermanfaat...

6 komentar:

  1. tips kesehatannya bagus juga, khususnya yang ini tentang kesehatan mata, betul sahabat kita memang harus memperhatikan kesehatan kita baik mata dan organ tubuh lainnya, karena bila sehat aktivitas kita pun sehari-hari jadi lebih semangat dan stabil, o iya terimakasih banyak tipsnya ya, salam sahabat.

    BalasHapus
  2. to DUNIA OPTIMASI :
    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Bang. Semoga bermanfaat u/ kita semua, dan tak lupa, semoga kita semua senantiasa diberkahi sehat wal'afiat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa [amin y.r.'a] :)

    Salam hormat,
    DANY

    BalasHapus
  3. Wah, bahaya nih ane! Ane paling jarang: Pastikan untuk selalu memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh mata Anda. Thanks ya, nambah ilmu baru nih...

    Salam sehat dari Fahri's Articles

    BalasHapus
  4. saya udah lakukan itu semua sob., hhe.,. makasih yaa tips nya..

    BalasHapus
  5. to Fahri Samudra :
    Trims, Mas. Mari sedikit demi sedikit kita biasakan budaya sehat dari hal terkecil, hehe.. :D
    --------------------------------------------
    to Naufal Syahrial :
    Ok sama-sama, Brother. Semoga bermanfaat... hehe.. :D

    BalasHapus
  6. to UII Profile :
    Trims juga dari saya atas kunjungan Mas yang sudah membaca artikel di atas.

    Salam kenal juga dari saya...

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Joy's Inspiration - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger