Home » » Mengenal Penyakit Maag

Mengenal Penyakit Maag

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita manusia saat ini adalah maag. Istilah maag berasal dari bahasa Belanda, artinya perut. Sakit maag disebabkan kelebihan asam lambung yang bisa menyebabkan iritasi alias pelukaan pada selaput lendir lambung. Kelebihan asam itu menimbulkan rasa tidak enak, seperti rasa penuh atau terbakar pada bagian lambung atau bagian tengah dada, dekat ulu hati. Akibatnya, ada yang menganggap perasaan terbakar di ulu hati itu sebagai gangguan jantung. Kelebihan asam lambung yang berlarut merupakan peringatan untuk adanya borok lambung atau usus.

Mengenal Penyakit Maag

Borok itu merupakan luka menahun pada lambung atau usus halus. Penyakit ini mempunyai beberapa gejala. Misalnya, mual dan muntah; perut terasa nyeri, pedih, kembung, dan sesak pada bagian atasnya atau ulu hati; nafsu makan menurun drastis; wajah pucat; suhu badan naik; keluar keringat digin; sering sendawa dalam keadaan lapar; sulit tidur karena ada rasa sakit pada daerah perut; dan kepala pusing.

Dalam kondisi normal, asam lambung itu diperlukan oleh tubuh. Gunanya adalah untuk membantu proses pencernaan. Namun, produksinya bisa meningkat bila ada pemicunya. Inilah yang berbahaya.

Dalam sebuah buku yang berjudul "Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik", dinyatakan bahwa lambung adalah sumber utama penyakit. Masa depan tubuh bergantung kepada kualitas makanan yang kita makan. Makanan menentukan kualitas darah. Kualitas darah ditentukan oleh keseimbangan dan kualitas nutrisi yang masuk dan diolah di dalam lambung serta organ pencernaan lain. Bila mesin pengolah itu rusak, makanan tak dapat diolah dengan baik. Dampaknya, tidak akan maksimalnya nutrisi yang harus diserap darah untuk dikirim ke seluruh tubuh guna memberi makan sel. Akibatnya, keseimbangan suplai nutrisi terganggu, yang berdampak pada menurunnya kualitas sel dan darah.

Untuk mengatasinya, yang lebih penting dilakukan tentu mengatasi penyakit itu tanpa obat. Bagaimana caranya? Misalnya, menghindari pemicunya serta menerapkan pola makan yang sehat dengan baik. Selain itu, bisa pula dengan rutin mengonsumsi makanan kesehatan, terutama yang mengandung karbohidrat dan serta tinggi. Di antara makanan yang dianjurkan itu, salah satunya adalah kedelai, meski yang sangat menonjol pada serealia ini adalah protein.

Semoga uraian singkat mengenai maag ini dapat bermanfaat.

@ @ @

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Joy's Inspiration - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger