Home » » Pengertian Autis (Autisme)

Pengertian Autis (Autisme)

Pengertian Autis (Autisme)Pada kesempatan ini mari kita sedikit berbagi pengertian tentang suatu penyakit yang bernama Autis (Autisme). Bila dilihat dari asal kata, Autisme berasal dari kata "auto" yang berarti "sendiri", dan di dalamnya diartikan sebagai kelainan perkembangan yang luas dan berat yang mempengaruhi anak secara mendalam. Gangguan tersebut mencakup bidang interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku.
Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Di samping itu, Autisme tak lain merupakan gangguan yang menyangkut banyak aspek perkembangan; yang bila dikelompokkan akan menyangkut tiga aspek yaitu perkembangan fungsi bahasa, aspek fungsi sosial, dan perilaku repetitif. Karena gambaran autisme begitu beragam dan setiap saat seorang anak akan senantiasa mengalami perkembangan, maka penegakan diagnosa tidak bisa begitu saja, sebab bisa saja kemudian diagnosa menjadi berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Pengertian umum Autis (Autisme)

Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya, anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif. (Baron-Cohen, 1993). Menurut Power (1989) karakteristik anak dengan autisme adalah terdapatnya 6 gangguan dalam bidang:
- interaksi sosial
- komunikasi (bahasa dan bicara)
- perilaku-emosi
- pola bermain
- gangguan sensorik dan motorik
- perkembangan terlambat atau tidak normal

Gejala-gejala di atas mulai tampak sejak lahir atau saat masih kecil; biasanya sebelum anak berusia 3 tahun.

Untuk mengetahui apa saja Faktor-faktor Penyebab Autis, silahkan klik di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Joy's Inspiration - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger